Kamis, 07 November 2013

RAHASIA TERPENDAM LULUS KULIAH CEPAT

4


"JANGAN DIBACA KALAU GAK SERIUS"
Hai, kawan-kawan, bertemu lagi di artikel ini, semoga artikel ini benar-benar membakar semangat kawan-kawan bahkan menampar pipi kawan-kawan yang belum sadar akan potensi yang terkandung dalam diri kawan-kawan sekalian. Artikel ini adalah dasar dari semua trik lulus kuliah yang telah saya tuliskan di www.kingmotivation.blogspot.com, dimana dasar inilah yang penting sebagai awal dari segalanya, artikel ini bertujuan untuk membentuk mental kawan yang mungkin belum sampai pada puncak yang benar2 luar biasa. Semoga dengan artikel ini, kawan bisa mencapai puncak yang memang kawan dambakan.

Intropeksi Diri
Apakah selama ini kawan2 berpikir bahwa kawan2 dilahirkan hanya untuk menjadi orang yang biasa2 aja, ataukah berpikir bahwa memang nasibnya uda gini. Apakah berpikir bahwa kawan2 punya IQ rendah, atau memang terlahir untuk menjadi biasa2 aja, Apakah selalu berpikir bahwa kawan2 hanyalah orang yang tidak akan pernah terpandang, ataukah kawan2 berasal dari yang background /latar biasa2 aja atau yang tak pernah di tahu orang, ataukah kawan2 berpikir terlahir sendiri tanpa ortu atau kawan2 berpikir bahwa lahir di dunia ini hanyalah kebetulan dan tak ada gunanya. Ataukah kawan2 berpikir bahwa kawan2 hanyalah tak lebih dari seperti sampah? Pasti banyak berpikir seperti itu ketika kawan2 lagi putus asa dan berada di ambang kehancuran. Tapi SAYA TIDAK PEDULI DENGAN ALASAN KAWAN2.... yang terpenting, kawan2 tolong tinggalkan semua pikiran negatif dulu, tolong tinggalkan beberapa menit aja egois dan rendah diri yang kawan2 rasakan dan mulailah untuk baca atikel ini. Siapapun kalian, apakah itu dari orang miskin, dari orang dengan IQ rendah, dari keluarga yang gak terpandang, ataukah dari apapun itu, artikel ini akan membuat anda menjadi orang yang benar2 berharga, Karena “Tuhan menciptakan manusia, serupa dan segambar dengan diri-NYA” dan lewat artikel ini kawan2 akan sadar akan semuanya itu.

Artikel ini memang dirancang khusus dan disesuaikan dengan latar kehidupan mahasiswa, jadi semua buku2 yang telah saya baca tentang pengembangan diri akan dirangkum dan disimpulkan serta diimplementasikan berdasarkan kehidupan nyata di perkuliahan sehingga ini mudah untuk dimengerti dan dilaksanakan dalam hidup sehari-hari.

Ayo Berubah
Saya bukanlah siapa2... saya tidak punya IQ tinggi, saya bukan orang kaya, dan saya bukan orang terkenal,,tapi saya tahu saya tidak akan berubah kalau saya pasrah dengan kehidupan ini. Saya juga pernah punya masa2 tantangan yang berat dimana saya susah untuk lulus suatu mata kuliah bahkan harus ngulang 3x agar lulus padahal teman2 saya hanya mengambil sekali dan langsung lulus, saya juga pernah mendapat nilai E, saya juga pernah putus asa, bahkan saya hampir tidak lulus SMA gara nilai Fisika saya standar, bahkan satu soal aja saah maka bisa dipastikan saya benar-benar tidak lulus, tapi Tuhan berkata lain, saya boleh lulus dengan nilai standar. Saya pernah ujian lulus akhir interview saat SD dimana saya ditanya 5 soal dan tidak ada satupun soal yang bisa saya jawab bahkan guru bingung untuk memberikan pertanyaan apa yang bisa saya jawab, dan akhirnya saya disuruh untuk mengambil contoh tumbuhan jenis alang2,,dan akhirnya saya benar,,, Apakah teman2 lebih parah dari saya? Tentu tidak, teman2 masih berada jauh lebih baik dari saya, saya pernah mengalami masa2 sulit dimana saya hanya makan sekali sehari karena uang uda terbatas, tapi saya masih bisa hidup karena kasih dan kemurahan Tuhan. Kawan2 harus ingat, burung pipit aja yang gak nanam bisa makan, apalagi manusia yang serupa dan segambar dengan Allah, makhluk yang sempurna, tentu akan diberikan rezeki melibihi burung2 pipit tersebut” jadi jangan kuatir akan kehidupan ini kawan, Tuhan telah mengaturnya semuanya. Karena Tuhan mengasihi semua orang, baik orang itu jahat ataupun orang itu Baik, Tuhan tidak milih-milih, itu kembali ke diri kita masing-masing untuk selalu “bersyukur” dalam setiap hal yang kita peroleh dalam hidup ini. Bahkan setiap detik, kita harus bersyukur masih bisa bernapas. Jadi “Selama kawan2 masih bernapas, masih ada harapan untuk berubah dan sukses

Itulah masa2 pahit dan backround saya, tapi saya tidak membiarkan itu terjadi, saya berusaha untuk berubah dan Tuhan menjawab semua doa dan usaha saya, diwaktu kuliah saya bisa lulus hanya 3 tahun (JURUSAN TEKNIK) dimana orang pada  umumnya menyelesaikan dalam waktu 5 tahun dan saya mendapat IPK Cumlaude, semua itu bukan karena saya pintar, tapi semua itu karena kasih dan karunia yang Tuhan berikan ke saya. Jadi kawan2 sekalian juga bisa meraihnya karena percayalah Tuhan akan memberikan itu kepada kalian semua. “Mintalah maka kamu akan diberi, Carilah maka kamu akan mendapat, dan ketuklah maka pintu akan dibukakan kepadamu” Sebuah ayat yang selalu berdesing di telingah saya setiap saya putus asa,  dan saya akan selalu bangkit dan meraihnya,,

MIMPI/DREAM
Sekarang kita akan masuk ke dalam suatu pokok pembahasan yang sangat penting, bahkan ini adalah hal yang sangat menentukan dimana 90% kesuksesan kawan2 akan ditentukan oleh hal ini. Sekarang mari kita bedakan dulu, apa bedanya mimpi dengan keinginan... “Mimpi” adalah sesuatu yang kita inginkan dan kita ngotot untuk meraihnya, sedangkan keinginan adalah sesuatu yang kita inginkan tapi kita gak ngotot untuk mendapatkannya. Contohnya, saya ingin lulus kuliah cepat (padahal gak pernah masuk kuliah), saya ingin dapat IPK tinggi (padahal gak pernah belajar), saya ingin punya cewek cantik (ngombal cewek aja gak berani), saya ingin kaya, dll,,,ini semuanya berkata ingin, dimana kalau tidak tercapai maka dibiarkan aja, beda dengan kata “saya bermimpi untuk menjadi lulusan terbaik”, tentu ketika itu tidak tercapai maka kawan2 akan berusaha untuk mencapainya, apapun harga yang harus dibayar mungkin kurang tidur, belajar dan lain2, kawan2 pasti akan bayar harga pengorbanan untuk mendapatkan dan meraih itu,,, itulah arti mimpi,,,, mimpi disini bukanlah mimpi seperti ketika kawan2 tidur tapi mimpi disini adalah sesuatu yang membuat kawan2 susah untuk tidur karena memikirkan untuk meraihnya.

Bermimpi adalah sesuatu yang indah kawan, karena mimpilah yang membuat orang2 biasa2 aja bisa menjadi luar biasa, yang membuat orang2 yang hancur bisa tetap bertahan hidup.  Karena mereka punya satu mimpi dan harapan untuk lebih baik dari hari ini. Itulah mimpi. Mimpi inilah yang membuat saya tetap bertahan sampai sekarang kawan bahkan bertahan untuk mencapai kesuksesan yang saya impikan, karena setiap saya putus asa dan gak semangat maka saya akan mengingat mimpi2 saya dan saya akan kembali untuk bangkit, bangkit dan terus bangkit,,,,,

Apakah kawan2 udah punya mimpi? Bedain dulu dong, apa ini mimpi atau keinginan, tapi saya berharap semoga itu adalah mimpi, dimana kawan2 akan berjuang untuk meraihnya. Tapi kalau belum,,,, SEKARANG saatnya untuk buat mimpi kawan,,,buatlah mimpi yang tinggi, setinggi bintang, setidaknya kalau kawan jatuh, kawan akan tersangkut di bulan, dibandingkan kawan hanya bermimpi setinggi gunung dan bisa meraihnya tentu, bulan lebih tinggi dari gunung,,,hehehe

Apakah kawan2 ingat ketika kecil, lihat mobil langsung ngomong “papa/mama kalau saya besar saya pengen punya mobil....”  trus ketika lihat pilot... ngomong: “papa/mama saya kalau besar cita2 jadi pilot”... trus beberapa menit lihat presiden,,,langsung ngomong “papa/mama saya nanti besar pengen jadi presiden”... tentu saat itu orang tua kawan2 mengiyakan,,,karena mereka menjaga mimpi kawan2, mereka membiarkan kawan2 untuk berimajinasi.... saat kecil, kita punya banyak mimpi, pengen jadi ini, pengen  jadi itu..... dan ketika saat kita menjadi dewasa, kita sadar bahwa untuk meraih ini dan itu adalah sangat susah, dan akhirnya semakin tua maka kita semakin kehilangan mimpi dan disitulah kehancuran dimulai. Semakin tua, kita semakin mengubah mimpi itu, mengubah dan terus mengubah, dimana bermimpi jadi presiden akhirnya karena diubah dan terus diubah, maka akhirnya bermimpi menjadi biasa2 aja.

Sebenarnya, untuk meraih kesuksesan pada umumnya, khususnya bidang perkuliahan, kawan2 cukup seperti anak kecil aja,,, mempunyai mimpi yang kuat, kalau gak tercapai maka akan nangis dan ngotot bahkan akan berusaha sampai meraih mimpi itu, tapi tentu implementasinya bukan berarti kalau dapat nilai E harus nangis, tapi disini bermakna harus ngotot untuk mengetahui gimana strategi untuk mendapatkan nilai A dan mengubah strategi yang kurang baik. Kawan2 bisa lihat semangat anak2 kecil, mereka sungguh luar biasa sekali, mereka tidak putus asa dan trauma. Kawan2 bisa bayangkan kalau anak2 didunia ini orangnya mudah putus asa dan suka trauma seperti orang tua, maka dijamin banyak yang gak bisa jalan, Kenapa? Waktu kecil, kita belajar jalan, jatuh,,, tetap berusaha berdiri dan terus coba,,,jatuh  lagi, berdiri lagi, jatuh lagi bahkan sampe lecet, tapi tetap berdiri walaupun sambil nangis, mama,,mama saya jatuh tapi masih tetap beridir lagi,,,gak trauma dan tetap semangat,,dan akhirnya bisa jalan, Coba bayangkan kalau baru jatuh sekali atau dua kali langsung trauma dan putus asa,,,langsung ngomong: mama saya gak mau belajr jalan lagi, sait ah,,trauma,,,lebih baik duduk aja,...seandainya gitu apakah kita akan bisa berjalan sekarang??? Tentu tidak,,, itu seperti di dunia perkuliahan, kawan2 ngambil suatu mata kuliah, dapat nilai E,,, bukan berarti kawan2 harus nunda untuk ngambilnya, tapi kawan2 harus langsung ambil dan terus ambil sampai dapat nilai bagus, kalau dapat nilai E, coba lagi ambil, diskusi dan kejar dosesnnya, walaupun dosennya gak suka sama kalian atau killer atau gak peduli dengan kalian,,tapi percayalah pertemuan 1 – 3 mungkin dia akan gak peduli atau cuek atau nyusahin anda tapi ketika kalian semakin kejar dia dan terus bertanya,,percayalah di pertemuan ke-4 disitu keajaiban akan terjadi,,,, mereka akan mengubah pandangan dan sikap mereka terhadap kawan2,,,sebenci apapun dia pada kawan2,,,mereka akan berubah karena “MANUSIA juga punya hati nurani” bahkan orang penjahat paling terkenal pun di dunia ini punya hati nurani apalagi dosen yang baik hati dan bertugas mulia tentu punya hati nurani lebih dari para penjahat besar.... itulah ide yang perlu di catat,,,, semakin susah kawan2 lulus suatu mata kuliah maka semakin ngototlah untuk mendekati hal tersebut termasuk bimbingan ke dosennya harus semakin di perbanyak walaupun dosennya mungkin membosankan,,,karena semakin kalian menghindar maka akan semakin susah kalian untuk bisa memahami dan sukses di mata kuliah tersebut. “Tantangan tidak untuk dihindari tetapi dihadapi, karena setelah satu tantangan selesai, maka banyak tantangan lain yang siap menghadang didepan”, jadi ketika tantangan itu dihindari maka akan numpuk dan disitulah awal kalian untuk lama kuliah, percaya dan yakinlah kawan2 bisa menghadapi semuanya. Kembali lagi bahwa itu semuanya bergantung pada MIMPI yang telah kawan2 buat, apakah benar2 ingin mencapainya,,apakah rela untuk ngotot meraihnya..... itu tergantung pada kawan2...... Jadi gak susah kan untuk cepat lulus kuliah, kawan2 hanya perlu ngotot dan terus ngotot sampai bisa....hehehe

Apakah kawan kenal dengan Thomas Alva Edison, Dia adalah penemu bohlam lampu, kawan2 tahu berapa kali dia melakukan percobaan untuk bisa berhasil menemukan bohlam lampu? Dia melakukan 999x percobaan dan pada percobaan ke 999, Dia sukses untuk menemukan bohlam lampu. Mungkin kawan2 mengira perjuangannya untuk mendapatkan mudah? Tentu tidak,,,, percobaan pertama gagal, masih semangat, percobaan kedua gagal, tetap semangat, percobaan ketiga, keempat, kelima gagal, dia masih semangat, apakah ketika kita berada di posisi Thomas Alva Edison, kita akan masih semangat di percobaan ke sepuluh atau ke seratus.... percobaan keseratus gagal, Dia masih semangat,,, bahkan ayahnya dah bilang,,Thomas, percobaan ini sia-sia dan stop untuk lakukan hal gak berguna ini, tapi thomas terus bersemangat untuk melakukan percobaan, percobaan berikutnya bohlam lampunya pecah dan membuat thomas tuli pada salah satu bagian telinganya,,, tapi dia tidak putus asa,,bahkan ayah ngomong,,,thomas lihat tuh da tuli, udah stop sana, gak ada gunanya,, kamu uda hancur gara2 percobaan ini, tapi thomas tetap semangat, mungkin karena dia tidak begitu mendengar dengan jelas suara ayahnya,,,,Hehehe,,,seperti itulah kehidupan kita,, kita hanya perlu menutup telingah kita terhadap kritikan-kritikan negatif yang membuat kita hancur, tapi saran2 yang positif sangat perlu untuk ditampung demi perbaikan kedepannya... dan tahu apa kelanjutan cerita thomas?? Karena tuli, tentu tidak ada yang mebuat semangat nya jadi down,,dia uda gak mendengar  kritikan negatif,,dan akhirnya dia terus melakukan percobaan, dan suatu hari, percobaanya mebuat rumahnya terbakar, dan ayahnya marah-marah,,,tapi tahu apa yang dikatakan thomas? Papa hari ini kita bisa melihat indahnya api yang berwana merah..hehe... ya itulah pikiran positif dari thomas alfa edison,,,walaupun itu sebuah kegagalan tapi dia bisa berpikir positif,,, ketika percobaan lampu ke 998 terus pecah,,, ayah tomas berkata,,,stop sekarang, saya udah muak untuk melihat percobaan ini, tapi thomas berkata,,, papa hari ini saya berhasi memecahkan satu bohlam lampu dan sampai hari ini saya berhasil memecahkan 998 bohlam lampu,.. itulah pikiran positif thomas,,,, thomas tetap bersemangat dan di percobaan yang ke 999 thomas berhasil,,, bisa dibayangkan kawan2, apa yang dirasain thomas ketika berhasil di percobaan ke 999... tentu ini perjuangan yang luar biasa,,,, bisa dibayankan seandainya pada percobaan ke 998 thomas stop untuk melakukan percobaaannya,,maka kita akan gelap sampai sekarang kawan2,,, kita akan belajar dikelas tanpa lampu, bahkan pada kelas malam,,,mungkin akan menggunakan lilin,,,, ada angin, padam,,,, gimana kalau ujian yah,,,, pake lilin padam karena angin,,,bisa dibayangkan apa yang akan terjadi,,,,hahaha.... tetapi kita harus bersyukur karena thomas tetap semangat dan menemukan lampu,,,, bahkan sampai tuli dan rumahnya terbakar dia tetap lanjut,,,,, yang jadi pertanyaan,,, apakah kita bisa dan sanggup seperti thomas,,,gak usah jauh2 sampai tuli atau kebakar rumah,, contoh kecil adalah apakah kawan2 akan sanggup untuk lanjut ketika kawan2 mendengar bahwa mata kuliah yang kawan2 udah ambil 3x dapat nilai E ataukah kawan2 akan masih semangat untuk lanjut kuliah ketika pada ujian sidang akhir kawan2 dianggap gagal..... itulah contoh sederhana yang perlu diimplementasikan dalam hidup kita,,,, gak usah sampe tuli atau rumah terbakar, tapi intinya apakah kawan2 bisa membuka hati untuk sabar dan tetap optimis ketika kawan2 gagal..... (Mungkin cerita tentang thomas alfa edison di atas adalah cerita hiperbola, tetapi yang terpenting di sini bukanlah apakah itu cerita hiperbola atau apa, tapi initinya adalah kita harus belajar untuk tetap optimis dan berpikir positif sekalipun kita benar2 mengalami kegagalan yang luar biasa, ketika mungkin2 orang2 yang kita sanyangi meningggalkan kita karena kita gagal, apakah kita sanggup untuk berdiri dan bangkit,,itulah sebuah PR bagi pribadi masing2)

Tentu cerita yang sudah digambarkan diatas tentang anak kecil yang belajar berjalan, tentang thomas alva edison, semuanya bermuara pada mimpi. Mimpi untuk meraih sesuatu, itulah yang membuat terus bersemangat dan terus bersemangat sampai pada akhirnya bisa mencapai hasil yang gemilang. Apakah kawan2 masih berada pada pemikiran bahwa kawan2 hanya punya IQ yang rendah dan bodoh sehingga gak akan bisa sukses di dunia perkuliahan? Sekarang stop untuk membuat alasan, dan berpikir itu, saya akan memberikan beberapa contoh ilmuwan yang masa kecilnya dianggap bodoh tapi ketika besar mereka jadi ilmuwan, semoga kisah ini bisa menampar dan menyadarkan kawan2 untuk stop berpikir negatif.

Albert Einstein
Pada saat kecil cara bicaranya tidak menarik dan aneh. Kemampuan berbahasa atau berbicaranya sangat lambat. Dengan melihat itu orang tuanya sanga prihatin sehingga ia berkonsultasi dengan dokter. Karena kemampuan berbicaranya yang lambat membuatnya pernah gagal disekolah dan kepala sekolah menyarankan agar ia keluar dari sekolah. Tentu saja ia memberontak kepada kepala sekolah yang mengusirnya dan menganggapnya sebagai anak yang sangat bodoh. Tapi siapa yang sangka dia bisa jadi ilmuhan hebat.

Thomas Alva Edison
Suatu hari, seorang bocah berusia 4 tahun, agak tuli dan bodoh di sekolah, pulang ke rumahnya membawa secarik kertas dari gurunya. Ibunya pun membaca kertas tersebut yang berisi, “Tommy, anak ibu, sangat bodoh. Kami minta ibu untuk mengeluarkannya dari sekolah.” Sang ibu terhenyak membaca surat ini, namun ia segera membuat tekad yang teguh, “anak saya Tommy, bukan anak bodoh. Saya sendiri yang akan mendidik dan mengajar dia.” Tommy kecil adalah Thomas Alva Edison yang kita kenal sekarang, salah satu penemu terbesar di dunia. Dia hanya bersekolah sekitar 3 bulan, dan secara fisik agak tuli, namun itu semua ternyata bukan penghalang untuk terus maju. Siapa yang sebelumnya menyangka bahwa bocah tuli yang bodoh sampai-sampai diminta keluar dari sekolah, akhirnya bisa menjadi seorang genius? jawabannya adalah ibunya! Ya, Nancy Edison, ibu dari Thomas Alva Edison, tidak menyerah begitu saja dengan pendapat pihak sekolah terhadap anaknya.

Isaac Newton
Lahir di Woolsthorpe-Lincolnshire, Inggris. Ia adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiwan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Ayahnya yang juga bernama Isaac Newton meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Newton. Newton dilahirkan secara prematur. Ketika Newton berumur tiga tahun, ibunya menikah kembali dan meninggalkan Newton di bawah asuhan neneknya. Newton memulai sekolah saat tinggal bersama neneknya di desa dan kemudian dikirimkan ke sekolah bahasa di daerah Grantham dimana dia akhirnya menjadi anak terpandai di sekolahnya.  Saat bersekolah di Grantham dia tinggal di kost milik apoteker lokal (William Clarke). Sebelum meneruskan kuliah di Universitas Cambridge (usia 19), Newton sempat menjalin kasih dengan adik angkat William Clarke, Anne Storer. Namun Newton memfokuskan dirinya pada pelajaran dan kisah cintanya menjadi semakin tidak menentu dan putus begitu saja. Keluarganya mengeluarkan Newton dari sekolah dengan alasan agar dia menjadi petani saja, bagaimanapun Newton tidak menyukai pekerjaan barunya. Kepala sekolah King’s School kemudian meyakinkan ibunya untuk mengirim Newton kembali ke sekolah sehingga ia dapat menamatkan pendidikannya. Newton dapat menamatkan sekolah pada usia 18 tahun dengan nilai yang memuaskan. Newton diterima di Trinity College Universitas Cambridge (sebagai mahasiswa yang belajar sambil bekerja untuk mengatasi masalah keuangannya). Pada saat itu, kurikulum universitas didasarkan pada ajaran Aristoteles, namun Newton lebih memilih untuk membaca gagasan-gagasan filsuf modern yang lebih maju seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler.  Ia kemudian menemukan teorema binomial umum dan mulai mengembangkan teori matematika yang pada akhirnya berkembang menjadi kalkulus.


Louis Braille
Louis Braille mengalami kerusakan pada salah satu matanya ketika berusia 3 tahun. Waktu itu secara tidak sengaja dia menikam matanya sendiri dengan alat pembuat lubang dari perkakas kerja ayahnya. Kemudian mata yang satunya terkena sympathetic ophthalmia, sejenis infeksi yang terjadi karena kerusakan mata yang lainnya. Kebutaan tidak membuatnya putus asa, ia menciptakan abjad Braille yang membantu supaya orang buta juga bisa membaca. Sekarang siapa yang tidak tahu Abjad Braille?


Dari cerita di atas kita bisa menyimpulkan bahwa orang2 tidak terlahir untuk sukses, tapi mereka sukses karena hasil kerja keras, walaupun mungkin mereka punya kekurangan tapi mereka berusaha untuk mengembangkan kemampuan lain dan mencapai sukses yang luar biasa. Apakah dengan cerita di atas, kawan2 masih berani untuk berkata “saya tidak bisa sukses kuliah karena saya orang bodoh”. Tentu tidak... tapi inilah saatnya kawan-kawan untuk benar2 berubah, berpikirlah optimis untuk meraih apa yang kawan-kawan impikan. Oleh sebab itu kawan2, bukalah hati dan pikiran, mulai saat ini, tanamkanlah tekad untuk benar2 berubah, berubah dari hidup biasa-biasa aja, berubah dari hidup yang monoton,,sekarang saatnya tinggalkan zona ama kawan2 dan masuklah ke zona yang tidak aman, dan disitulah kawan2 akan mendapat hal yang sungguh luar biasa bahwa kawan2 telah berubah menjadi orang yang luar biasa karena kawan2 harus ingat tidak ada pelaut yang hebat tanpa ada ombak dan badai yang besar ataupun tidak ada pilot yang hebat tanpa awan yang gelap dan turbulensi yang berbahaya. Kawan2 tidak akan bisa jadi lebih dari sekarang kalau kawan2 tidak mendapat tantangan yang lebih juga. Kalau kawan2 mendapat tantangan yang besar maka disitulah awal perubahan yang luar biasa. Percayalah inilah saat2 dan detik dimana kawan2 harus berubah..... ubah mindset dan jadilah luar biasa. Disini saya akan mencoba untuk memberikan gambaran tentang seorang yang sungguh luar biasa dalam perjuangan hidupnya.


Abraham Lincoln
Pada tahun 1816, di usianya yang ke-7, keluarganya didesak untuk keluar rumah mereka dan ia harus pergi bekerja dengan ayahnya untuk membantu keluarga.
Pada tahun 1818, di usianya yang ke-9, ibunya meninggal
Pada tahun 1831, ia meninggalkan rumah, memulai sebuah bisnis dan gagal.
Pada tahun 1832, ia pindah ke jalur politik dan bersaing untuk kursi legislatif di negara bagian illinois, ia dikalahkan di kotak suara.
Pada tahun yang sama (1832), ia kehilangan satu-satunya pekerjaan, yakni sebagai karyawan sebuah toko, karena tokonya tutup. Ia juga gagal masuk sekolah hukum.
Pada tahun 1833, Ia meminjam uang dan dengan seorang teman ia membuka sebuah toko dan memulai bisnis baru. Beberapa bulan kemudian, temannya meninggal dan tokonya bangkrut, ia juga berhutang lebih dari 1000 dollar. Ia butuh 17 tahun untuk bisa melunasinya.
Pada tahun 1834, ia bersaing untuk kursi legislatif di negara bagian Illinois lagi. Kali ini Ia menang.
Pada tahun 1835, seorang gadis yang ia harap bisa menikahinya, Ann Rutledge, tiba-tiba meninggal karena radang otak. Lincoln merasa patah hati.
Pada tahun 1836, ia mengalami guncangan jiwa dan harus terbaring di tempat tidur selama 6 bulan.
Pada tahun 1837, Ia melamar Mary Owens, seorang kawan lama, untuk menikah dengannya, tapi gadis itu menolaknya.
Pada tahun 1838, ia mencoba menjadi juru bicara dewan legislatif negara bagian, tetapi ia dikalahkan.
Pada tahun 1840, ia mencoba jadi anggota dewan legislatif kotamadya, tetapi sekali lagi ia dikalahkan.
Pada tahun 1843, ia menjadi kandidat untuk anggota dewan kongres, ia kalah lagi.
Pada tahun 1846, ia menjadi kandidat dewan kongres lagi. Kali ini ia menang.
Pada tahun 1848, ia menjadi kandidat untuk pemilihan ulang dewan kongres, dan ia kehilangan kursinya.
Pada tahun1849, ia kembali ke rumahnya di Springfield dan melamar untuk jabatan komisioner kantor pertanahan. Sekali lagi ia tidak berhasil.
Pada tahun 1854, ia menjadi kandidat untuk pemilihan anggota dewan senat Amerika Serikat. Ia kalah.
Pada tahun 1856, ia mencoba untuk bisa dinominasikan sebagai wakil presiden pada konvensi nasional Partai Republik. Ia kalah dan hanya menerima 110 suara.
Pada tahun 1858, ia menjadi kandidat lagi untuk dewan senat, dan ia kalah lagi.
Tetapi kemudian pada tahun 1860, Abraham Lincoln memenangkan pemilihan terbesar dari semuanya, yaitu ketika rakyat Amerika Serikat memilihnya untuk masuk ke Gedung Putih sebagai Presiden.

Dari kisah hidupnyalah ini yang membuat Abraham Lincoln adalah presiden amerika serikat yang paling sukses dan berpengaruh selama sejarah Amerika Serikat. Apa yang bisa kita peroleh dari garis besar riwayat hidupnya? Tentu kita belajar tentang semangatnya dalam menghadapi kegagalan demi kegagalan. Dia terus bersemangat dan terus berharap untuk bisa jadi lebih baik dan akhirnya waktu dan pengalaman membentuk dia sehingga menjadi seorang presiden yang paling berpengaruh sepanjang peradaban Amerika Serikat.

“Tidak peduli seberapa banyak anda gagal, tapi yang terpenting adalah seberapa banyak anda bangkit ketika gagal”

Itulah sebuah penggalan kata2 yang luar biasa kawan, ketika kalian mengalami kegagalan, coba ingat akan sepenggal kata tersebut. Memang semua orang pasti pernah gagal, tapi yang menjadi persoalan adalah apakah kita akan bangkit ketika kita gagal, dan banyak orang tidak berani untuk bangkit. Apakah ketika kita kehilangan orangtua, istri, kekayaan, dan lain-lain, kita masih bisa semangat dan terus melanjutkan hidup? Tentu bukanlah suatu persoalan yang mudah, tapi Abraham Lincoln mampu menjawab itu semua. Dia mampu untuk terus bersemangat walaupun semuanya hilang dan hancur. Gagal adalah hal yang biasa dalam hidup, tapi bangkit, itu baru hal yang luar biasa, jadi bangkitlah setiap kawan2 gagal dan lihat apa yang terjadi.... (Luas Biasa) hehehe... ayo tepuk tangan dulu,,,keras2 biar syaraf2 ditangannya bisa merancang syaraf otak untuk tetap segar dan semangat membaca artikel ini.....
Itu seperti didunia perkuliahan, ketika kawan gagal semua di satu semester bahkan mendapat IP=0,01 atau 0, disitulah kawan2 diuji, apakah akan menyerah atau lanjut, atau di saat teman2 kawan sudah pada lulus dan kawan tinggal sendiri belum lulus, apakah akan berhenti..itulah tantangan yang terberat dalam hidup, tapi kuliah bukan hanya sekadar persoalan cepat atau tidak lulus, ipk rendah atau tinggi, tapi ini soal apakah kawan2 bisa sampai ke titik terakhir yaitu lulus. Tidak penting seberapa lama kuliah anda, orangtua pasti berharap kawan bisa lulus, jadi target untukk membuat impian sekarang adalah LULUS, harga mati dan gak bisa di tawar, tidak peduli seberapa banyak gagal dan seberapa lama kuliah. 

LULUS adalah suatu hadiah yang sangat indah bagi orang tua kawan2,, apakah kawan2 pernah berpikir untuk membuat orangtua kawan2 bangga dan tersenyum ketika kawan2 di wisuda, apalagi ketika mendapat gelar sarjana,,, ketika kawan2 bisa membayangkan, saya yakin kawan2 akan mati-matian untuk rela LULUS, dan saya merasakan itu ketika saya wisuda, suatu hal yang sangat bahagia dimana saya bisa menempatkan orangtua saya di posisi terhormat karena lulus denga cumlaude, dan apakah teman2 sudah berpikir untuk itu, kalau belum catat dan tulis itu, buat itu sebagai impian kawan, sekarang sudah terbayangkan impian-impian yang perlu kawan capai, mungkin pada awal sesi mimpi/dream tadi kawan2 susah untuk nulis dan catat apa impian kawan tapi sekarang saya uda yakin kawan2 sudah bisa membuat mimpi selama kuliah.

Sharing2 aja (SPESIAL UNTUK MAHASISWA ABADI)
Saya mempunyai banyak pengalaman tentang teman2 saya yang lulusnya lama, ada banyak faktor yang membuat mereka lulus lama dan saya akann coba bahas satu per satu. Pada umumnya, banyak mahasiswa yang lulus lama karena mereka santai, ikut-ikutan dan malas-malasan, padahal  mereka punya kemampuan yang lumayan diatas rata-rata, biasanya pada semester awal mereka hidup santai dan menikmati kehidupan sebagai seorang mahasiswa dimana hidup serba bebas, gak seperti lagi di sma harus disiplin, memasuki semester 2, 3 , 4 ,5 mereka semakin tenggelam dengan asyiknya hidup di kampus. Dan akhirnya setelah teman mereka uda ada yang lulus barulah mereka mulai gencar untuk kuliah, tapi ketika teman2 mereka uda banyak yang lulus maka disitulah semangat mereka hancur, merasa malu untuk ikut kelas lagi bersama junior2 yang beda 5 tahunan, dan ketika mereka membiarkan sikap negatif itu, maka mereka tidak akan lulus, tinggal menunggu DO aja. Tapi disinilah saya akan mendongkrak semangat kawan. Kawan2 harus tahu, kawan2 khususnya yang lulusnya lama dan masih semangat belajar satu kelas dengan junior, kawan2 harus tahu bahwa kawan2 “PUNYA SEMANGAT YANG LUAR BIASA” lebih dari semangat orang yang cepat lulus kuliah. Percayalah itu!!!! Jadi ketika kawan2 lulusnya lama,,,hal yang pertama harus dibuang adalah rasa egois senioritas dan rasa malu untuk belajar satu kelas bersama junior,,,, karena para junior tidak pernah menganggap kawan2 rendah, mereka malah hormat pada kawan2, gak usa malu dengan hal tersebut. Buka hati dengan tulus dan serius hadapi kuliah, ketika sikap ini kawan2 punya, kawan2 sungguh luar biasa. Kawan2 harus bangun semangat itu, trus gimana bangun semangat itu? Gampang aja, kawan2 ingat mimpi kawan yaitu harga mati dan gak bisa di nego adalah LULUS, ingat senyuman dan kebahagiaan ortu kawan2 jika suatu kelak di WISUDA. Itu lah yang akan membuat kawan2 tetap semangat. Melangkahlah sedikit demi sedikit dan akhirnya banyak.... kawan2 pasti akan sukses. Ketika teman2 kawan uda lulus smua, dan tinggal kawan sendiri seorang diri dan mungkin sudah tidak ada yang mengenal kawan, tetaplah hadir dan buat semangat baru, selesaikanlah kemelut yang berkepanjangan ini, minta bimbingan dosen untuk rencana lulus, dan pastinya kawan akan lulus. Jangan kawan2 menjadi malas ke kuliah karena itu akan berakhir dengan DO (Drop Out/keluar) dan DO adalah hal yang paling menakutkan bagi mahasiswa. Ingat bahwa tidak semua mahasiswa yang sudah lama kuliahnya akan punya semangat yang besar untuk memulai dari awal dan “SAYA SOLUT BAGI KAWAN2 YANG UDA KULIAH LAMA TAPI SAMPAI SEKARANG MASIH SEMANGAT UNTUK KULIAH”. Karena ini semuanya adalah semacam suatu pertandingan dimana tidak penting kawan sampai pada urutan pertama atau tidak tapi yang terpenting kawan harus menginjak garis FINISH.

Disamping itu, mahasiwa yang lulusnya lama ada juga yang disebabkan karena tidak suka dengan jurusan dipilih. Sebab jurusan yang sekarang mungkin karena kebetulan lulus aja waktu tes masuk perguruan tinggi atau karena paksaan dari orang tua. Ini adalah salah satu problem yang besar yang perlu dihadapi mahasiswa tersebut, terkadang mahasiswa tersebut kuliah asal asalan dan gak punya semangat sehingga kuliah lama, padahal biasanya orang dengan kondisi ini punya IQ di atas rata2 tapi sayang gak ada semangat. 
“Sepintar apapun kalau gak ada semangat, disitulah awal dari kehancuran”. Trus gimana solusinya buat orang ini? Tentu setiap permasalahan pasti ada solusinya. Yang jelas, semangat adalah kuncinya, coba pikirkan dari pada buang waktu lama-lama di kampus dengan tidak semangat karena gak suka jurusannya atau apapun itu mendingan teman-teman kuliah fokus, ngotot, lulus cepat biar lepas dari kondisi bosan dan tidak sesuai jurusan. Itu satu-satunya cara dan ide untuk mendapatkan semangat lagi. Sekarang buat program atau mimpi yang akan kawan2 lakukan setelah lulus kuliah, setelah itu kawan2 bayangkan mimpi itu,,sehingga targetnya adalah kawan2 harus cepat lulus kuliah untuk bisa lepas dari kondisi bosan dan melakukan apa yang kawan2 inginkan, mungkin menjadi artis, atau apapun itu. Hehehe. Semakin kawan2 menyimpan kekesalan terhadap kondisi yang kawan2 alami maka kawan2 akan semakin terpuruk dan lambat kuliahnya, percayalah kawan2 tidak akan berubah kalau kawan2 membiarkan diri kawan2 untuk tidak berubah.

“ Berubah tidak menunggu besok, tapi berubah mulai dari sekarang, tidak ada kesempatan yang lebih baik untuk berubah selain dari sekarang”
Bahkan banyak kawan2 saya yg mengatakan, tahun depan saya akan berubah, bulan depan saya akan berubah, tetapi buktinya apa? Bulan depan terlewati, tahun depan terlewati mereka tetap tidak berubah. Berubah tidak menunggu hari esok tapi berubah mulai dari sekarang. Tidak ada hari yang lebih bagus untuk berubah selain dari sekarang. Berubah menjadi lebih baik dari hari kemarin, mengubah semua sikap negatif dan terus optimis dalam hidup.

MEMBUAT DREAM LETTER
Kita kembali lagi ke topik dream, bahwa milikilah mimpi sebagai pondasi dasar dalam hidup kawan2. Dan lihat apa yang akan terjadi ketika kawan2 punya mimpi yang luar biasa. Disini saya menyarankan agar kawan2 “MENULIS dan MENGGAMBAR” apa mimpi kawan2, tempel kertas itu di tempat kawan2 sering melihatnya. Misalnya didalam dinding kamar dengan tujuan agar kawan2 bisa melihatnya dengan gampang dan sesering mungkin. Dan kawan2 akan menyadari bahwa list impian kawan2 satu persatu telah tercapai. Itulah kekuatan dari menulis, menggambar bahkan  menempel foto2 tentang impian kawan. Orang2 besar didunia ini, terutama mereka yang sukses didunia ini, yang menguasai perekonomian dunia adalah mereka yang mempunyai impian yang besar, dan tentu mereka menulis mimpi mereka pada dream letter (kertas mimpi) atau pada dream book (buku impian). Setelah kawan2 menulis, lengkapi dengan waktu kapan mimpi itu akan tercapai sehingga ini jadi motivasi dan penunjuk arah kawan2 untuk berusaha dalam mencapainya.
Memang membuat dream letter, adalah sebuah pekerjaan yang lucu yang mungkin bisa dikatakan seperti anak TK, tapi disini saya kembali mengingatkan bahwa untuk menjadi sukses kita perlu kembali ke sikap anak2, yang punya sikap optimis, bermimpi besar, selalu ngotot untuk meraih apa yang diinginkan dan juga selalu menulis dan menggambar apa yang diinginkan dalam hidup ini. Itulah sifat anak2 yang perlu ditiru, tapi sayang semakin kita menjadi tua, maka semakin goyah mimpi kita bahkan banyak dari kita kehilangan semua mimpi tersebut.

Kekuatan dari dream letter atau dream book benar2 dasyat, ini adalah sesuatu yang remeh tetapi memang terbukti, dulu saya membuat dream letter dan menempel dalam kamar saya. Saya menulis semua mimpi-mimpi yang saya inginkan selama kuliah termasuk berapa lama saya kuliah, berapa IPK saya dan kapan saya akan mencapainya. Memang pada awalnya ini kelihatan lucu tetapi setiap saya melihat tulisan itu terpampang di dinding, saya menjadi sadar akan mimpi saya dan terus semangat untuk meraihnya. Jadi kawan2 yang belum  mempunyai dream letter, segeralah buat,,,gak usah terlalu bagus, yang penting itu bisa mengingatkan kawan2 untuk sadar akan mimpi kawan. Dibawah ini ada sebuah kisah yang cukup menarik

Kisah Derek Redmond dan Sang Ayah Pemenang 

Derek Redmond adalah seorang atlit lari asal Britania Raya. Selama karirnya sebagai pelari, Derek Redmond adalah pemerang rekor nasional untuk lari jarak 400 meter putra, dan memenangkan medali emas untuk lari estafet 400 meter putra di ajang Kejuaraan Dunia Atletik, Kejuaraan Eropa dan Commonwealth Games. Olimpiade Barcelona, 1992. Enam puluh lima ribu pasang mata hadir di stadion itu. Semua hendak menyaksikan event atletik besar di ajang olahraga terbesar seplanet bumi.
Derek Redmond, seorang atlet pelari olimpiade asal Inggris. Impian terbesarnya  ialah mendapatkan sebuah medali olimpiade, -apapun medalinya-. Derek sebenarnya sudah ikut di ajang olimpiade sebelumnya, tahun 1988 di Korea. Namun sayang beberapa saat sebelum bertanding, ia cedera sehingga tak bisa ikut berlomba. Mau tak mau, olimpiade ini, adalah kesempatan terbaiknya untuk mewujudkan mimpinya. Ini adalah hari pembuktiannya, untuk mendapatkan medali di nomor lari 400 meter. Karena ia dan ayahnya sudah berlatih sangat keras untuk ini. Suara pistol menanda dimulainya perlombaan. Latihan keras yang dijalani Derek Redmond, membuatnya segera unggul melampaui lawan, lawannya. Dengan cepat ia sudah memimpin hingga meter ke 225. Berarti kurang 175 meter lagi. Ya, kurang sebentar lagi ia kan mendapatkan medali yang diimpikannya selama ini. Namun tak ada yang menyangka ketika justru di performa puncaknya, ketika ia sedang memimpin perlombaan tersembut, tiba-tiba ia didera cedera. Secara tiba-tiba di meter ke 225 tersebut, timbul rasa sakit luar biasa di kaki kanannya. Saking sakitnya, seolah kaki tersebut telah ditembak sebuah peluru. Dan seperti orang yang ditembak kakinya, Derek Redmond pun menjadi pincang. Yang ia lakukan hanya melompat-lompat kecil bertumpu pada kaki kirinya, melambat, lalu rebah di  tanah. Sakit di kakinya telah menjatuhkannya.Derek sadar, impiannya memperoleh medali di Olimpiade ini pupus sudah. Melihat anaknya dalam masalah, Ayahnya yang berada di atas tribun, tanpa berpikir panjang ia segera berlari ke bawah tribun. Tak peduli ia menabrak dan menginjak sekian banyak orang. Baginya yang terpenting adalah ia harus segera menolong anaknya. Di tanah, Derek Redmond menyadari bahwa impiannya memenangkan olimpiade pupus sudah. Ini sudah kedua kalinya ia berlomba lari di Olimpiade, dan semuanya gagal karena cidera kakinya. Namun jiwanya bukan jiwa yang mudah menyerah.  Ketika tim medis mendatanginya dengan membawa tandu, ia berkata, “Aku tak akan naik tandu itu, bagaimanapun juga aku harus menyelesaikan perlombaan ini”, katanya. Maka Derek pun dengan perlahan mengangkat kakinya sendiri. Dengan sangat perlahan pula, sambil menahan rasa sakit dikakinya, ia berjalan tertatih dengan sangat lambat. Tim medis mengira bahwa Derek ingin berjalan sendiri ke tepi lapangan, namun mereka salah. Derek ingin menuju ke garis finish.Di saat yang sama pula Jim, Ayah Derek sudah sampai di tribun bawah. Ia segera melompati pagar lalu berlari melewati para penjaga menuju Anaknya yang berjalan menyelesaikan perlombaan dengan tertatih kesakitan. Kepada para penjaga ia hanya berkata, “Itu anakku, dan aku akan menolongnya!” Akhirnya, kurang 120 meter dari garis finish, sang Ayah pun sampai juga di Derek yang menolak menyerah. Derek masih berjalan pincang tertatih dengan sangat yakin. Sang Ayah pun merangkul dan memapah Derek. Ia kalungkan lengan anaknya tersebut ke bahunya.“Aku disini Nak”, katanya lembut sambil memeluk Anaknya, “dan kita akan menyelesaikan perlombaan ini bersama-sama.Ayah dan anak tersebut, dengan saling berangkulan, akhirnya sampai di garis finish. Beberapa langkah dari garis finish, Sang Ayah, Jim, melepaskan rangkulannya dari anaknya agar Derek dapat melewati garis finish tersebut seorang diri. Lalu kemudian, barulah ia merangkul anaknya lagi. Enam puluh lima ribu pasang mata menyaksikan mereka, menyemangati mereka, bersorak bertepuktangan, dan sebagian menangis. Scene Ayah dan anak itu kini seolah lebih penting daripada siapa pemenang lomba lari.Derek Redmond tak mendapat medali, bahkan ia didiskualifikasi dari perlombaan. Namun lihatlah komentar Ayahnya. “Aku adalah ayah yang paling bangga sedunia!, Aku lebih bangga kepadanya sekarang daripada jika ia mendapatkan medali emas.” Dua tahun paska perlombaan lari tersebut, dokter bedah mengatakan kepada Derek bahwa Derek tak akan lagi dapat mewakili negaranya dalam perlombaan olahraga. Namun tahukah kalian apa yang terjadi?Lagi-lagi, dengan dorongan dari  Ayahnya, Derek pun akhirnya mengalihkan perhatiannya. Dia pun menekuni dunia basket, dan akhirnya menjadi bagian dari timnas basket Inggris Raya. Dikiriminya foto dirinya bersama tim basket ke dokter yang dulu  memvonisnya takkan mewakili negara dalam perlombaan olahraga.

Itulah sebuah kisah yang mengharukan, yang memberikan contoh kepada kita semua tentang pentingnya perjuangan. Seperti teman2 yang uda lama kuliah, tidak peduli anda uda berapa kali gagal dalam mata kuliah atau gagal dalam semester, anda harus tetap bangkit dan terus berusaha, dan anda akan menginjak garis finish yaitu wisuda. Orang tua anda akan selalu mendukung anda, mereka akan menopang anda ketika anda gagal bahkan akan memapah anda sambil anda berjuang sampai anda berhasil wisuda. Anda harus percaya bahwa anda bisa sampai di garis finish. You must believe that you can do it. Believe...


BACA ARTIKEL LAIN KLIK DISINI


4 komentar:

Kristina Paseru mengatakan...

Tulisannya menarik sekali. Terima kasih :)

Elvis kmer mengatakan...

Terimah Kasih Kristina sudah datang untuk membaca artikel ini

Anonim mengatakan...

Saya merasa diberkati setelah membaca artikel ini, karena saya salah satu dari sekian byk mahasiswa yang mudah pesimis & cenderung cepat cemas ketika target tdk tercapai dalam hal apa aja di perkuliahan.

Bahkan sy pernah merasa bahwa hidup ini tak ada gunanya sama sekali...saat itu juga kehidupan spiritual saya mulai goyah...dengan berbagai pertanyaan di benak saya..salah satunya adalah "apakah TUHAN YESUS benar-benar ada ?" berhubung kondisiku saat itu terpuruk tanpa seorang pun yang tahu termasuk orang tua saya..iman spiritual sy saat itu juga di ambang kritis.

Dengan membaca artikel ini, sy kembali teringat perjuangan sy saat itu & sy tersentuh.
Trima kasih untuk penulisnya, kita sama-sama saling menyemangati. Inilah kita manusia..yang jauh dari kesempurnaan. Oleh karenanya artikel ini sangat membantu untuk saling support..membuka kesadaran kita bahwa kita semua sama selagi masih bernafas & tak ada kata terlambat. Tetap semangat teman2..orang sakit aja yang sudah di vonis dokter pun masih tetap semangat.. apalagi kita yang msh sehat. Teruslah melangkah sampai DIA sendiri yang memvonis kita. Ok tmn2 ?

Salam kasih dariku selalu, GOD is with us, keep spirit.

Elvis kmer mengatakan...

Terima kasih seudah berkungjung. Tetap semangat.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com